ANALISIS ITEM DENGAN ITEMAN (1): Jenis Pengujian dalam Iteman

Salah satu ciri dari pembakuan (standardisasi) tes prestasi adalah adanya uji coba dan analisis item. Jawaban siswa merupakan data empirik yang dijadikan alat mengukur apakah suatu item soal berfungsi seperti yang diharapkan. Program yang dikenal luas untuk menguji analisis item adalah ITEMAN (Item and Test Analysis).

Iteman

Komponen analisis item yang diuji dengan menggunakan Iteman adalah sebagai berikut:

#1 Tingkat Kesukaran Soal
Derajat kesukaran soal berkaitan dengan mutu suatu soal tes prestasi. Banyak ahli menyatakan bahwa item yang baik adalah yang mempunyai derajat kesukaran yang sedang, artiinya tidak terlalu sukar, dan tidak terlalu mudah. Tingkat kesukaran soal diukur dari proporsi testee yang menjawab benar suatu item soal. Adapun kriteria yang digunakan adalah:
0,0 – 0,3 = Kategori Sukar
0,3 – 0,7 = Kategori Sedang
0,7 – 1,0 = Kategori mudah

#2 Indeks Daya Beda
Daya beda berfungsi untuk menentukan dapat tidaknya suatu soal membedakan kelompok dalam aspek yang diukur sesuai dengan perbedaan yang ada pada kelompok itu. Ada beberapa cara yang dipergunakan untuk menentukan daya pembeda, antara lain menggunakan indeks diskriminasi, indeks korelasi, dan indeks keselarasan. Pada Iteman, indeks daya beda ditentukan dengan menggunakan indeks korelasi, yaitu menggunakan korelasi biserial, dan point biserial.

#3 Pola Jawaban Soal
Pola jawaban soal merupakan distribusi jawaban testee. Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah alternatif jawaban pengecoh (distractor) berfungsi sebagai pengecoh dengan baik atau tidak.
Suatu pengecoh dapat dikatakan berfungsi baik jika paling sedikit dipilih oleh 5% testee.

#4 Reliabilitas Soal

Reliabilitas soal merupakan statistik untuk skala atau tes, yang menunjukkan keandalan suatu skala atau tes. Reliabilitas dalam Iteman dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha dari Cronbach. Suatu skala atau tes dikatakan reliabel apabila didapatkan nilai koefisien Alpha yang lebih dari 0,7.

Sumber:
Arikunto, Suharsimi.  (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. edisi revisi, cetakan kedua. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hayat, B., Supranata, S., Supranto. (1997). Manual Item and Test Analysis. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, Balitbang, Dikbud.

Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan.  Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.