Salah satu ciri dari pembakuan (standardisasi) tes
prestasi adalah adanya uji coba dan analisis item. Jawaban siswa merupakan data
empirik yang dijadikan alat mengukur apakah suatu item soal berfungsi seperti
yang diharapkan. Program yang dikenal luas untuk menguji analisis item adalah
ITEMAN (Item and Test Analysis).
Komponen analisis item yang diuji dengan menggunakan
Iteman adalah sebagai berikut:
#1 Tingkat Kesukaran Soal
Derajat kesukaran soal berkaitan dengan mutu suatu soal tes prestasi.
Banyak ahli menyatakan bahwa item yang baik adalah yang mempunyai derajat
kesukaran yang sedang, artiinya tidak terlalu sukar, dan tidak terlalu mudah.
Tingkat kesukaran soal diukur dari proporsi testee yang menjawab benar suatu
item soal. Adapun kriteria yang digunakan adalah:
0,0 – 0,3 = Kategori Sukar
0,3 – 0,7 = Kategori Sedang
0,7 – 1,0 = Kategori mudah
#2 Indeks Daya Beda
Daya beda berfungsi untuk menentukan dapat tidaknya
suatu soal membedakan kelompok dalam aspek yang diukur sesuai dengan perbedaan
yang ada pada kelompok itu. Ada beberapa cara yang dipergunakan untuk menentukan daya
pembeda, antara lain menggunakan indeks diskriminasi, indeks korelasi, dan
indeks keselarasan. Pada Iteman, indeks daya beda ditentukan dengan menggunakan
indeks korelasi, yaitu menggunakan korelasi biserial, dan point biserial.
#3 Pola Jawaban Soal
Pola jawaban soal merupakan distribusi jawaban
testee. Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah
alternatif jawaban pengecoh (distractor)
berfungsi sebagai pengecoh dengan baik atau tidak.
Suatu pengecoh dapat dikatakan berfungsi baik jika
paling sedikit dipilih oleh 5% testee.
#4 Reliabilitas Soal
Reliabilitas soal merupakan statistik untuk skala atau tes, yang
menunjukkan keandalan suatu skala atau tes. Reliabilitas dalam Iteman dilakukan
dengan menggunakan rumus Alpha dari Cronbach. Suatu skala atau tes dikatakan
reliabel apabila didapatkan nilai koefisien Alpha yang lebih dari 0,7.
Sumber:
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. edisi revisi, cetakan kedua. Jakarta : PT. Rineka
Cipta.
Hayat, B., Supranata, S., Supranto. (1997). Manual Item and Test Analysis. Jakarta:
Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, Balitbang, Dikbud.
Sudijono, Anas. (2007). Pengantar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT.
RajaGrafindo Persada.