CARA MEMBUAT TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI DENGAN SPSS


Pada saat membuat laporan penelitian, terkadang peneliti harus mendeskripsikan data yang diperolehnya selama penelitian. Data tersebut termasuk juga data karakteristik responden. Data karakteristik responden perlu dideskripsikan, sebagai justifikasi apabila peneliti lain akan men-generalisikan hasil penelitiannya di tempat yang berbeda. Apabila karakteristik respondennya sama, maka hasil penelitian dapat digeneralisasikan.
Pendeskripsian data karakteristik biasanya dilakukan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Penghitungan frekuensi dan persennya, apabila dilakukan secara manual, berisiko untuk mengalami kesalahan, apalagi apabila data penelitian berjumlah banyak. Untuk mengatasi adanya kesalahan perhitungan, maka perhitungan frekuensi dan persen dalam tabel distribusi frekuensi dapat dilakukan dengan bantuan SPSS. Adapun caranya dapat dideskripsikan pada video berikut:



Apabila berkenaan, mohon untuk donasi dengan like dan subscribe channel Youtube saya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.