ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA, KORELASI, DAN SUMBANGAN EFEKTIF DENGAN SPSS


Regresi dan korelasi merupakan salah satu teknik analisis yang seringkali dipergunakan mahasiswa ketika menyusun skripsi/tesis dengan pendekatan kuantitatif. Analisis regresi linier berganda, selain untuk menganalisis pengaruh beberapa variabel bebas terhadap variabel terikat, juga dapat dipergunakan untuk menganalisis besarnya pengaruh atau sumbangan efektif masing-masing variabel terhadap variabel terikat.
Pada program SPSS, untuk mengetahui besarnya sumbangan efektif masing-masing variabel dipergunakan metode stepwise. Metode ini adalah metode analisis regresi dengan memasukkan variabel bebas dalam model regresi, dimulai dari variabel bebas yang paling berpengaruh. Hal ini berarti bahwa dalam metode stepwise, terdapat model regresi sejumlah variabel bebasnya.
Analisis regresi linier berganda, korelasi, dan sumbangan efektif dengan SPSS dapat dilihat dalam video tutorial sebagai berikut:

Akhirnya, semoga video tutorial di atas, dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan. Apabila berkenaan, mohon untuk donasi dengan like dan subscribe channel Youtube saya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.